Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Buat Email Baru di GMail Update 2020


Baiklan, sebelum melanjutkan tulisan ini, ada baiknya kita mengenal dahulu, apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan email?



Email adalah singkat dari Electronik Mail atau dalam bahasa Indonesia disebut surat elektronik (surel) atau pos elektronik, kemudian dalam EYD email dapat ditulis sebagai “imel”. Dalam pengertian bahasa imel adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur jaringan komputer. Dengan surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman, tetapi surat elektronik umumnya biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk membayar sambungan internet. Sumber, wikipedia.org.

Surat elektronik sudah mulai dipakai pada tahun 1960-an. Pada saat itu internet belum terbentuk, yang ada hanyalah kumpulan 'mainframe' yang terbentuk sebagai jaringan. Mulai tahun 1980-an, surat elektronik sudah bisa dinikmati oleh khalayak umum.

Konsep surel pertama kali dikemukakan oleh Ray Tomlinson pada akhir tahun 1971. Ray Tomlinson pada saat itu bekerja untuk Bolt Beranek and Newman "BBN" milik lembaga pertahanan Amerika. Pada awalnya Ray bereksperimen dengan program komputer yang bernama SNDMSG yang pada saat itu digunakan untuk meninggalkan pesan pada komputer, sehingga orang yang memakai komputer dapat membaca pesan yang ditinggalkan oleh pemakai komputer.

Eksperimen Ray kemudian dilanjutkan dengan menghubungkan SNDMSG melalui file protocol yang bernama CYPNET sehingga program SNDMSG dapat mengirimkan pesan ke computer lain, namun masih berada dalam satu jaringan ARPAnet. Eksperimen tersebut berhasil dan Itulah awal terciptanya surel.

INILAH CARA SELENGKAPNYA

Langka pertama, bukalah browser pada komputer atau ponsel anda. Anda bebas mau menggunakan browser apa saja. Pada saat ini kami menggunakan browser google chrome. Kemudian ketiklah alamat gmail.com pada kolom perambah anda, lalu tekan enter.
Setelah itu, anda akan dibawa ke halaman seperti gambar di bawah ini :




Setelah itu, pilih tombol Buat Akun yang terletak pada suduh kanan atas pada halaman tersebut. Selanjutnya akan ditampilkan halaman berikutnya seperti gambar di bawah ini :


Mulailah untuk mengisi data-data pribadi anda. Pada kolom nama pertama, isilah nama pertama anda, begitu juga kolom kedua. Misal seperti ini : John Doe, maka John diisi pada kolom nama pertama dan Doe diisi pada kolom nama kedua.

Tetapi bagimana jika nama anda lebih dari 2 karakter? Semisal : Alif Ba Ta. Untuk mengatasi hal seperti ini, anda bisa melakukan beberapa cara, salah-satunya seperti ini. Untuk Alif diisi pada kolom nama pertama, sedang untuk Ba Ta disini pada kolom nama kedua, atau terserah maunya anda.

Apakah bisa menggunakan nama samaran? Oh, tentu saja bisa. Nama samaran bisa dianggap sebagai nama panggilan sehari-hari, jadi google masih tetap membenarkan hal tersebut.

Pada kolom pengisian kata sandi. Harus menggunakan minimal delapan karakter dengan campuran huruf, angka dan simbol. Misalnya anda mengisi kata sandinya sebagai berikut : p4sswords@y@. Pada kata sandi tersebut miliki 12 karakter, meliki angka (4) dan juga karakter simbol (@).



Setalah semua data pada halaman ini anda isi, lalu tekanlah tombol berikutnya. Kemudian anda akan diarahkan ke halaman sebagai berikut.


Pada halaman ini anda diwajibkan untuk mengisi nomober ponsel yang masih berlaku. Tujuannya sebagai alat pengamanan akun anda dari gangguan hacker atau pencuri data. Ketika ada orang jahil ingin mencuri akun anda, gmail otomatis akan mengirim kode verifikasi ke nomor ponsel tersebut.

Selanjutnya anda diminta untuk mengisi Alamat email pemulihan. Namun ini sifatnya opsional, bisa anda ini atau juga tidak. Tetapi kami menyaran lebih baik anda isi, karena hal ini sifatnya juga sebagai alat pengaman sama seperti nomor ponsel anda tadi.

Selanjutnya anda diminta untuk mengisi tanggal bulan dan tahun lahir, isilah sesuai dengan data yang anda miliki, dan juga pilih jenis kelamin.

Jika data tersebut telah terisi dengan baik, dan pastikan tidak ada yang kosong. Lalu tekan tombol berikutnya yang berwarna biru. Kemudian anda akan dibawa kehalaman sebagai berikut :


Masukkanlah kode verifikasi yang dikirim ke nomer ponsel anda. Setelah itu tekanlah tombol Verifikasi yang berwarna biru pada sudut kanan bawah. Selanjutnya anda akan diarahkan ke halaman seperti gambar dibawah ini :


Halaman ini meminta persetujuan dari anda, jika mau, anda dapat menambahkan telepon ke akun untuk digunakan di berbagai layanan Google. Misal nomer ponsel anda digunakan untuk menerima panggilan video & pesan. Kami menyarankan pilih tombol menu lewati saja. Ini bisa anda lakukan pada settingan lanjutan.


Setelah itu akan muncul halam seperti gambar dibawah ini :

Pada halaman ini Google menerangkan tentang Privasi dan Persyaratan. Jika anda ingin membacanya, silahkan saja, tetapi anda bisa juga melatinya saja. Untuk menuju halaman selanjutnya, tariklah scroll yang ada disamping kanan tulisan persyaratan tersebut mentok/ kandas hingga ke bawah. Lalu tekanlah tombol Saya setuju yang berwarna biru tersebut. Lalu akan muncul gambar seperti dibawah ini :




Done, proses pembuatan surel anda telah selesai. Cukup tekan tombol berikutnya lalu pilih Ok. Mala proses pembuatan surel anda telah benar-benar selesai. Alamat email anda sudah bisa dipakai untuk berkirim email, menerima email.

Ingat, email sudah menjadi sesuatu hal yang sangat vital. Segala sesuatu kegiatan yang berbau internet pasti akan membutuhkan email. Mau daftar sesuatu pasti butuh email. Maka dari itu, buatlah email sesuai dengan data anda yang sangat valid, karena itu sangat memudahkan anda dalam berkegiatan di kemudian harinya.


Perlu diperhatikan, nama alamat email dan password jangan pernah anda melupakannya. Untuk mengatasinya, anda bisa menyimpannya tempat yang anda anggap sangat terjaga kerahasiannya. Misalkan ada menyimpan di buku saku, atau diketik dengan notepad pada komputer, lalu di simpan pada folder yang aman.

Tips menyimpan email anda : Tulislah nama alamat email tersebut dengan pengkodean yang hanya kita sendiri yang mengetahuinya. Contohnya sebagai berikut

Alamat email = sangjonhdoe@gmail.com ditulis : sa*g**hn*oe@gmail.com
Kata Sandi = Lup4p@ss  ditulis : Lu*4p@*s

Tips berikutnya : Jangan lupa, membuat password harus menggunakan kombinasi huruf kecil dan besar. Seperti contoh kata sandi diatas, anda bisa melihatnya kata sandi menggukan hurul L nya kapital/ huruf besar.

Demikianlah tutorial ini kami buat. Terima kasih karena telah singgah ke web blog kami. Jangan lupa untuk selalu mengikut tulisan-tulisan kami selanjutnya. Akhirul kalam, Assalamu’alaikum w. w.

#CaraBuatEmail #InilahCara #2020

Posting Komentar untuk "Cara Buat Email Baru di GMail Update 2020"

Recent Posts