Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Ubah Windows 10 Menjadi Windows 7

Akhirnya kita akan mengucapkan annyeong alias selamat tinggal kepada Windows 7. Sudah hampir satu dekade kita bermersa bersama perating system. Bahkan ada banyak pengguna OS Microsoft tidak mau beralih dari Windows 7, padahal Microsoft banyak mengeluarskan OS sebelum rilis Windows 10, seperti Window 8 dan Windows 8.1.

Pada pertengahan Januari 2020 ini, Windows 7 telah mencapai End of Life (EOL), yang berarti OS tersebut tidak akan menerima pembaruan keamanan lagi dari Microsoft. Bagi para pengguna Windows 7 sudah tidak memiliki banyak pilihan lagi kenapa harus bertahan bersama OS kesayangnya tersebut. Terlepas dari kemudahan dalam menjalankan OS tersebut karena sudah familiar, tetapi pengguna harus menanamkan kecemasan soal keaaman Windows 7. Jika ingin selamat dari ancaman virus, maka segeralah beralih ke Windows 10.

Apakah alasan adaptasi membuat anda enggan untuk memulai menggunakan Windows 10? Kita anda tidak perlu cemas lagi dengan masalah adaptasi tersebut. Kenapa kita tidak mencoba sebuah software yang menawarkan fitur-fitur untuk merubah tampilan Windows 10 layaknya seperti Windows 7.

Sebelum mengunduh software tersebut, ada baiknya buat satu folder dimana tempat kita mengumpulkan semua file-file tersebut, baik itu wallpaper, ikon-ikon, dan file-file yang dibutuhkan untuk penampilan tersebut. Itu sangat memudahkan kita dalam proses pencarian. Siapa tau di masa mendatang anda benar-benar ingin menggunakan Windows 10, anda tinggal menghapus dokumen tersebut, bukankah jadi mudah karena filenya telah tertata rapi dalam satu folder.



Window 7 Wallpaper

Baiklah, yang pertama kamu mengenal Windows 7 adalah dari tampilan wallpapernya bukan? Cara termudah untuk membuat WIndows 10 terlihat lebih familier adalah dengan menggantikan wallpaper Windonws 10 anda dengan gambar-gambar dari Win7. Anda dapat mengunduhnya di WPArena. Link untuk mengunduh semua wallpaper windows 7 disini : Wallpapper.

Setelah di unduh dan disimpan pada folder khusus. Anda bisa menggantikkan wallpaper Windows 10 hampir sama di Windows 7. Klik kalan pada Desktop -> Personalize -> pada tab Wallpaper pilih Browse -> kemudian carilah gambar yang ingin kita pakai, lalu klik Choose picture.

Jika ingin menampilkan gambar-gambar tersebut secara bergantian. Desktop -> Personalize -> pada kolom background, klik dropdown menunnya dan pilih Slideshow -> Browse -> Carilah dimana gambar tersimpan lalu klik bottom Choose this folder.

Atau, klik dua kali pada gambar yang ingin kita pakai, pada gambarnya lalu klik kanan dan pilih Set picture as -> Set as wallpaper.



Kembali ke Menu Windows 7

Pada generasi OS Windows 8. Microsoft melakukan gebrakan terbaru dalam bentuk tampilan, salah satu yang terkena rombak adalah star menunya. Tampilan menu pada Windows 8 memang benar-benar baru, bahkan inilah yang membuat pengguna Windows dari jaduler menjadi kebingunangan. Akhrinya Microsoft menyadari kesalahan perombakan tersebut. Kemudian mereka melakukan pengembangan untuk merubah tampilan menu tersebut pada Windows 8.1, dan diikut oleh Windows 10. Walaupun agak berbeda dari Windows 7, tetapi di Windows 10 para pengguna Windows jadul masih bisa beradaptasi.

Tapi, ada kabar gembiranya ni buat para Windows 7 lovers. Anda tetap bisa menggunakan star menu Windows 7 pada Windows 10. Cara cukup menginstall software gratis yang disebut Open Shell Menu. Unutk mencobanya, anda bisa unduh rilis terbarunya di link ini : Menu Windows 7.

Anda jangan takut menginstallnya, karena program ini dijamin aman.



Tombol Start Klasik

Software Open Shell Menu tidak menyertakan start Windows 7 klasik. Tetapi untuk bisa menampilkan tombol bottom klasik tersebut, anda harus mengunduh file bottom classic dalam format zip. Untuk mengunduhnya, klik link ini : Bottom Klasik Windws 7.

Pada Open Shell Menu, pilih tab 'tombol Mulai' dan centang 'Ganti tombol Mulai'. Klik 'tombol Kustom' lalu pilih 'Gambar tombol' dan carilah dimana lokasi anda menyimpan ikon dan bereksperimen dengan berbagai opsi untuk menemukan yang Anda sukai.



Tema Aero

Salah satu fitur Windows 7 yang paling menarik adalah tema Aero Glass. Mungkin fitur inilah yang membuat pengguna Microsoft yang jadul menjadi nyaman. Dulu orang-orang banyak bertahan menggunakan Win XP. tetapi ketika Windows 7 di perkenalkan, sontak para pengguna Window OS beralih. Windows 7 menawarkan tampilan yang cukup visioner, berasa paling canggih. Mungkin Aero Glass salah satu penyebabnya para pengguna Win XP tertarik beralih ke Windows 7.

Untuk Taskbar dan jendela lainnya, ada sebuah software yang bernama Glass2K. Anda dapat mengunduhnya disini : Glass2K.

Unduh dan jalankan Glass2K, dan gunakan slider di bagian bawah jendela untuk menyesuaikan transparansi dari Taskbar. Anda juga dapat mengklik kanan pada jendela mana saja untuk mengubah opacitynya, tetapi ingatlah bahwa ini akan memengaruhi seluruh jendela, bukan hanya bilah judulnya.



Suara StartUp Windows 7 

Tip terakhir ini jauh dari esensial, tetapi menyenangkan. Unduh file suaranya disini : Windows 7 Sound StartUp.

Kemudian convertlah file MP3 tersebut menjadi WAV, karena untuk bisa digunakan file harus dalam format WAV. Anda bisa gunakan Online Audio Converter untuk mengubahnya menjadi format WAV. Tetapi jika anda sudah memiliki MP3 converter, ya tidak perlu vonversi lewat online.

Setelah itu, ketik 'regedit' pada kotan pencarian di Windows 10, lalu enter. Lakukan lagi pencarian ke HKEY_CURRENT_USER> AppEvents> EventLabels> WindowsLogon. Klik dua kali 'ExcludeFromCPL' dan ubah nilai data dari '1' menjadi '0'. Tutup Penyunting Registri.

Cari 'Suara' untuk membuka opsi audio Windows, dan pilih 'Panel kontrol suara' dari sisi kanan. Klik tab 'Suara' dan centang kotak bertanda 'Mainkan suara start-up Windows'. Pilih 'Windows log on' dari daftar suara di atas, lalu klik 'Browse' dan arahkan ke suara startup Windows 7 yang Anda unduh.
Klik 'Tes' untuk memeriksa apakah itu berfungsi dan klik 'Terapkan', kemudian restart PC dan selamat bernostalgia bersama Windows 7.

Ubah suai narasi : techrader.com

Posting Komentar untuk "Cara Ubah Windows 10 Menjadi Windows 7"

Recent Posts