Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Pasang File Config OpenVPN

Setelah OpenVPN kita install atau pasang, maka tidak akan secara otomatis VPN tersebut langsung bisa kiat gunakan. Masa ada sedikit pengaturan lagi agar VPN tersebut bisa digunakan.

Lantas, apa yang perlu kita lakukan untuk menyiapkan dan memasang konfigurasi OpenVPN tersebut?

Untuk mengonfigurasi OpenVPN adalah dengan cara mengunduh file-file config yang banyak disediakan oleh pengembangan-pengembang VPN yang diperuntukkan untuk digunakan secara bebas. File-file tersebut bersifat open-source alias terbuka untuk digunakan dan dikembangan.


Dimanakan Tempat Mengunduh Config OpenVPN

Ada banyak situs-situs yang memberikan config OpenVPN secara gratis, salah satunya adalah freeopenvpn.org. Pada situs ini, ada file config untuk lima negara yang benar-benar bebas kita gunakan. Yaitu, Rusia, USA, Japan, South Korea, dan Thailand.


Bagaiamana Cara Unduh dan Pasang Config

Langkah pertama adalah anda harus mengunduh file config tersebut. Pilihlah salah satu negara yang akan dipakai sebagai jalur VPN anda. Pada contoh kali ini kami menggunakan negara Thailand sebagai jalur VPN kami, dengan asumsi negara tersebut cukup dengan negara kita Indonesia.

Pada bendera Thailand terdapat tombol untuk mengunduh. Klik tombol download atau unduh tersebut. Lalu anda akan dibawa ke halaman untuk memilih empat file config yang bisa kita pakai, pilihlah salah satu dari file config tersebut. Pada tutorial ini kami memilih file config Thailand_1.10.185.164_tcp.ovpn. Setelah kita klik atau pilih, secara otomatis file tersebut akan terunduh, lihat gambar di bawah ini :



Kemudian, jalankan OpenVPN Gui yang telah kita install sebelumnnya pada PC atau laptop kita.Bagi teman-teman belum tahu bagaimana cara mengunduh dan memasang OpenVPN, anda bisa mengunjungi tutorial kami sebelumnya. Klik link dibawah ini :

Cara Pasang OpenVPN, Solusi VPN Gratis

Setelah OpenVPN kita jalankan, perangkat lunak tersebut bersembunyi pada menubar bagian kanan bawah. Jika  tersebunyi, coba klik pada panah keatas 🔼 pada menubar tersebut. Lalu klink kanan pada OpenVPN + Import Files, kemudian cari dimana tempat file yang kita unduh tadi, pada kasus ini kami meletaknya di Desktop. Lalu pilih atau klik tombol Open. Lalu akan muncul pesan popup "file imported successfuly", menanda file tersebut telah berhasil kita masukkan. Lihat gambar di bawah ini :



Atau anda bisa juga memasukkannya secara manual. Salin atau copy file Thailand_1.10.185.164_tcp.ovpn yang kita unduh tadi. Lalu buka eksporer pilih : C:\Programs Files\OpenVPN\Config\. Tempel atau paste file tersebut di dalam folder Config.

Jika anda ingin menambahkan file-file config yang lain. Misalkan anda ingin menambahkan config untuk negara Jepang, Korea. Anda cukup mengunduh dan melakukan cara memasukkan file tersebut seperti langkah-langkah yang kami terangkan di atas.



Bagaimana Cara Menjalankan File Config Tesebut?

Jika file config tersebut sudah kita masukkan, langkah kita selanjutnya adalah menjalankan file config yang kita masukkan tadi.

Kembali lagi ke menubar bagian kanan bawah, lalu klik kanan pada OpenPVN. Lalu Pilih negara yang akan kita pakai, misalkan kita mau menggunakan Thailand_1.10.185.164_tcp.ovpn + lalu pilih Connect. Perhatikan gambar dibawah ini:



Tunggu beberapa saat agar OpenVPN tersebut melakukan proses koneksi ke server. Lihat gambar dibawah ini :



Jika sudah berhasil, maka icon OpenVPN akan berubah menjadi hijau. Namun terkadang OpenVPN tidak bisa terhubung dengan server yang kita ingin, ntah itu dikarena traffic pada negara tujuan terlalu tinggi, atau yang lainnya. Ada baikknya anda mencoba untuk mengoneksi ke negara yang lain. Itulah sebabnya kita disarankan untuk mengunduh file config lebih dari satu negara.

Saat ini kami mencoba untuk menggunakan config negara USA, yaitu USA_76.168.154.243_tcp, dan berhasil terkoneksi ke server tujuan. Jika berhasil, maka icon OpenVPN akan berubah menjadi hijau. Anda bisa mengecek dengan klik kanan pada icon, lalu akan tampak negera tujuan tersebut telah tercentang tanda benar. Anda juga bisa membuka situs www.whatismyipaddress.com untuk mengetahui kita sudah terkoneksi ke negara mana, pada tutorial ini kami terkoneksi ke negara United States, California, Los Angeles. Lihat gambar dibawah ini :



Jika anda telah berhasil terhubung ke Negara yang diinginkan, berarti OpenVPN telah berfungsi secara baik. Sekarang anda sudah bisa menggunakannya secara leluasa, sudah bisa dikatakan merasa nyaman dari penguntit data-data anda ketika berselencar di dunia maya.

Semoga tutorial bisa membantu teman-teman untuk mendapatkan solusi VPN yang gratis, dan tanpa batasan waktu. Karena jika file config sudah tidak bisa berjalan secara normal lagi, anda bisa menggantikan dengan file config yang lain.

Demikianlah tutorial ini kami, semoga bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa untuk membagikan tutorial ini, agar teman-teman yang lain juga bisa mendapatkan manfaat dari tutorial ini.

Salam.

1 komentar untuk "Cara Pasang File Config OpenVPN"

  1. food processors can really shorten the time it takes for you to prepare home cooked meals. best secure

    BalasHapus

Recent Posts