Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Pasang OpenVPN, Solusi VPN Gratis

Sebelum kita melanjutkan tutorial ini, ada baiknya kita mengenal dulu apa yang dimaksud dengan OpenVPN?


Inilah cara memasang OpenVPN pada PC dan Laptop Anda


OpenVPN adalah perangkat lunak komersial open-source yang menerapkan teknik jaringan pribadi virtual (Virtual Private Network) untuk membuat koneksi point-to-point atau situs-ke-situs yang aman dalam konfigurasi yang dirutekan atau dijembatani dan fasilitas akses jarak jauh.

Jadi bisa dikatakan, ketika kita sedang berselancar dari satu situs ke situs yang lain, ada yang pemandu (si OpenVPN) yang membawa kita langsung ke situs tersebut, tanpa hambatan.


Kenapa kita harus menggunakan OpenVPN?

Ada banyak penjelasan yang bisa kita dapat kenapa kita dianjurkan untuk memekai VPN. Tetapi ada empat alasan yang paling utama kenapa kita harus menggunakan VPN, yaitu:

Pertama Gratis
Kedua Masalah Keamanan
Ketiga Masalah Anti Pelacakan
Keempat Bisa Buka Akses Blokir Lokasi


Dimana Kita Bisa Unduh OpenVPN?

Untuk mengunduh open OpenVPN, anda bisa mengunjungan situs resmi dari OpenVPN yaitu : https://openvpn.net. Atau anda bisa melakukan pencarian di google dengan kata-kunci : download openvpn for windows (jika anda menggunakan windows).

Untuk mempermudah teman-teman, berikut kami lampirkan link download OpenPVN sesuai sistem operasi yang teman-teman gunakan:

Windonws 10

WINDOWS 7/8/8.1/SERVER 2012R2 INSTALLER

WinXP 32 bit

WinXP 64 bit 

Penting untuk diperhatikan, unduh dan install OpenVPN sesuai dengan sistem operasi yang kita gunakan.


Cara Install OpenVPN

Bukalah file exe yang kita download tandi. Untuk menginstallnya lalu klik dua kali atau dengan klik kanan pada file yang ingin dipasang lalu pilih Open/ buka. Lihat gambar di bawah :

Akan muncul layar selamat datang di OpenPVN, lalu tekan tombol Next Atau Berikutnya, perhatikan gambar dibawah :

Lalu pilih dan tekan  tombol I Agree atau Saya setuju. Lalu akan muncul layar untuk Pilih Komponen atau Choose Components yang akan kita pasang pada PC atau Laptop kita. dan selanjutnya tekan tombol Next saja. Kami sarankan untuk menginstall komponen yang telah dipilih secara defualt oleh perangkat lunak tersebut. Lalu tekan tombol Next, perhatikan gambar dibawah ini :



Selanjutnya anda diminta untuk menentukan dimana tempat kita menyimpan dokumen atau file-file dari OpenVPN tersebut. Secara standar file-file tersebut akan tersimpan di C:\Program Files\OpenVPN. Kami menyarankan ikuti saja yang disaranakn oleh OpenVPN. Lalu tekan tombol Install atau Pasang, perhatikan gambar di bawah :



Tunggulah pemasangan perangkat ini secara sempurna, jika sudah selesai lalu  tekan tombol finish.
Ups, tugas anda masih belum selesai sampai dengan disitu saja. Perangkat lunak tersebut belum bisa benar-benar digunakan atau dijalankan. karena kita masih membutuhkan file config/ konfigurasinya terlebih dahulu.

Tetapi tenang dulu teman-teman. Untuk file config OpenVPN masih tetap gratis, walaupun ada juga yang berbayar, yang berbayar sudah pasti menawarkan paket-paket yang super lengkap. Tetapi, yang tidak berbayar juga memiliki fasilitas yang lengkap.

Untuk tutorial cara memasang atau install file config OpenVPN, ikuti tutorial tersebut pada tulisan yang berikutnya ya. Biar tidak terlalu kepanjangan amat tulisan kita pada bagian ini.

Link : Cara Install Config OpenVPN

Semoga berhasil ya teman-teman. Jika mengalami kendala, silahkan tinggalkan komentar. Insya Allah kami bantu semampu kami. Atau sama-sama kita atasi masalah tersebut. Bak kata pepatah, Berat sama dipikul, dan ringan sama dijinjing.

Salam.

Posting Komentar untuk "Cara Pasang OpenVPN, Solusi VPN Gratis"

Recent Posts