Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Microsoft Resmi Luncurkan Browser Edge Terbaru Berbasis Chromium Untuk Semua Platform



Hari ini Microsoft resmi meluncurkan perambah baru mereka Browser Edge berbasis Chromium yang berlisensi gratis untuk dikembangkan. Sebenarnya Microsoft telah memproduksi browser Internet Explorer dan kemudian di gantikan dengan Microsoft Edge, dan kini berganti lagi Microsoft Edge berbasis Chromium.


Perubahan demi perubahan yang dilakukan Microsoft untuk mendapatkan browser yang mumpuni, tetapi microsoft masih belum puas dengan perubahan-perubahan tersebut. Microsoft sendiri mengklaim bahwa perambah sebelumnya terkesan sangat lambat dan loyo. Akhirnya,  terbitlah Edge Chromium, mungkin bisa dikatakan seperti ini.

Ternyata Microsoft memang benar-benar komit dengan peryataannya, bahwa browser Edge yang barunya akan dirilis pada hari ini, Kamis, 16 Januari 2020. Pernyataan tersebut telah disampaikan pada pemeran teknologi CES 2020 yang lalu di Las Vegas.

Berdasarkan pernyataan dari Microsoft, bahwa perambah baru tersebut banyak mengalami perubahan. Baik dari segi tampilan, peralatan untuk sikronisasi, password menejemen, dan dikabarkan ada pengaturan untuk mencegak video atau suara yag terputar secara otomatis. Oh ya, dikabarkan juga perambah ini bisa membaca teks-teks pada browser ketika anda sedang berselancar. Untuk pembaca teks ini kami akan bahas pada ulasan toturial nantinya, dan ada versi vidoe yang kami upload ki youtube.

"Edge Terbaru disertakan fitur bisa membaca teks pada browser"


Ada satu hal yang juga sangat menarik untuk diperbincangkan. Microsoft juga membuat Logo terbaru untuk browser Edge terbaru ini. Bentuknya desainnya memang terlihat sangat berbeda dari Edge yang sebelumnya, karena logo edge yang lamu, konsep desainnya masih berbentuk hufur 'E' yang  sedikit dimodifikasi pada sudut kiri atas logo tersebut, dan warna masih mono. Sementara untuk logo terbaru, memang benar-benar dilakukan ubah suai secara maksimal.

Secara kasat mata, logo tersebut terlihat seperti penggabungan dari huruf 'E' dan logo Chromium yang berwarna biru. Akhirnya terbentuklah logo Edge terbaru. Desain logo Edge ini tampak seperti gelombang yang membentuk hufur 'E' dengan menggunakan warna biru bergradasi hijau, dan diukir dalam tiga bagian. Mungkin tiga bagian inilah yang mencermikan Chromium. Tetapi sepintas pandang, logo ini hampir mirip dengan hero Dota 2, yaitu Morphling, pemain dota 2 pasti tahu.

Untuk anda yang ingin mencoba Edge terbaru ini, anda bisa mendownloadnya pada situs resmi Microsoft official, atau jika anda enggan mengunjungi situs tersebut, cukup mengklik link ini untuk mendownload : Microsoft Edge Terbaru.

Microsoft resmi menyatakan bahwa browser Edge terbaru ini juga kompatibel dengan 
macOS, iOS dan Android, serta Windows 10, 8.1, 8, dan bahkan Windows 7. Walaupun Microsoft tela resmi memberhentikan update terbaru Windows 7 tersebut. 

Gambar properti dari Microsoft

Fitur Unggulan

Termasuk di antara fitur-fitur yang dijanjikan adalah alat privasi menyeluruh, dukungan streaming 4K, optimisasi untuk Windows 10, keamanan tingkat perusahaan, dan dukungan untuk ekstensi Chrome yang dapat diakses dari Microsoft Store atau Chrome Web Store.

Microsoft juga mengklaim bahwa versi baru Edge ini dua kali lebih cepat daripada dari versi edge lama. Kami sendiri telah menggunakan browser tersebut. Memang terasa sangat drastis perubahannya. Walaupun browser Edge sebelumnya sangat ringan ketika dipakai, tetapi soal kecepatan Edge terbaru ini yang berkombinasi dengan Chromium jauh lebih cepat. Tetapi kami belum mencoba uji-adu antara Edge, Chrome dan Firefox, dan belum menguji coba denagn software penguji.

Secara teknis ini adalah versi stabil 79 dari Edge. Sementara itu, rencananya versi Edge 80 akan dirilis pada bulan Februari, dan bahkan dikabarkan Microsoft akan melakukan pembaharuan secara berkala disetiap minggunya.

Jadi tunggu apalagi, bagi pengguna Windows 10, kenapa harus menunggu update otomatis Edge anda, ayo unduh sekarang untuk merasakan sensasinya. Jadilah orang pertama untuk merasakan hal-hal yang terbaru dari browser Edge ini. Untuk mengunduh, silahkan klik link berikut ini : Microsoft Edge Terbaru. (icn-redaksi)

Posting Komentar untuk "Microsoft Resmi Luncurkan Browser Edge Terbaru Berbasis Chromium Untuk Semua Platform"

Recent Posts