Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Kita Butuh VPN Di Setiap Kegiatan Online

 VPN Perlukah Bagi Kita, Atau VPN Harus Ada Setia Saat

Virtual Private Networks (VPN) Akhir-akhir ini semakin diburu oleh para pengguna dan penggiat internet. Padahal dulunya VPN hanya dipandang sebelah mata, banyak orang-orang menganggapnya sesuatu yang tidak penting. Namun anggapan itu kini sudah berubah drastis, justru VPN menjadi bagian terpenting dalam berselancar di dunia maya.

Banyak iklan-iklan tentang VPN mencoba menawarkan hal-hal yang mempesona seputar manfaat dari VPN. Salah satunya adalah VPN bisa menbuat Anda sembagai penggunanya menjadi Anonim atau bahkan mungkin Anda bisa mengakses video streaming secara gratis. Tetapi apakah benar VPN bisa melakukan hal seperti itu atau hanya sebagai taktik promosi yang sensasional?

Baiklah, kali ini kami akan mencoba mengurai satu persatu tentang VPN. Apakah benar VPN bisa melakukan sesuai dengan apa yang Anda ingin atau tidak? Kami juga berharap agar artikel yang disajikan ini dapat membantu Anda agar bisa mencari dan memilih VPN yang bener-bener pas sesuai dengan kebutuhan, karena kita semua berhak mendapatkan yang terbaik.

Ilustrasi VPN 

Bagaimana Cara Kerja VPN?

Ketika kita berbicara tentang VPN, kita biasanya berbicara tentang VPN komersial yang dijual langsung kepada konsumen untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari, selain VPN berbayar, ada juga VPN yang gratis tetapi dengan konsekuensi tertentu. Untuk pengguna VPN pada awalnya banyak digunakan oleh Perusahaan besar. Tujuan mereka agar data mereka terlindungi dengan aman. Tentu anda bertanya, apa yang membuktikan VPN itu bisa membuat data menjadi aman?

Baiklan, ketika Anda mengaktifkan VPN, maka secara otomatis VPN membuat koneksi Anda terenkripsi (red: tunnel/ terowongan) antara perangkat Anda dan server jarak jauh yang dioperasikan oleh layanan VPN. Semua lalu lintas internet Anda dialihkan melalui terowongan tersebut menuju ke server, yang kemudian mengirimkan lalu lintas ke internet publik seperti biasa. Data yang kembali ke perangkat Anda juga melakukan perjalanan yang sama: dari internet, ke server VPN, melalui koneksi terenkripsi, dan kembali ke perangkat Anda.

Apakah Anda Harus Buat Server VPN Sendiri?

Ingatlah bahwa Anda tidak memerlukan perusahaan lain untuk menyiapkan VPN. Ada beberapa opsi yang bisa kita pilih untuk menyiapkannya sebuat server VPN. Mebuat server VPN sendiri sebenarnya tidaklah sulit, tetapi Anda harus disibukkan dengan kegiatan dan harga peemliharaan server, atau Anda sendiri atau menyewanya server dan pastinya membutuhkan modal yang lebih besar.

Apakah VPN Membuat Anda Menjadi Anonim Ketika Online?


Dengan mengenkripsi lalu lintas Anda dan merutekannya melalui server VPN, lebih sulit tetapi bukan tidak mungkin bagi pengamat untuk mengidentifikasi Anda dan melacak pergerakan Anda secara online. Tidak ada VPN yang memberikan anonimitas total, tetapi setidak-tidaknya VPN dapat membantu meningkatkan privasi untuk Anda.

Misalnya, penyedia layanan internet (ISP) Anda mungkin adalah satu-satunya entitas yang paling memahami apa yang Anda lakukan secara online. Pada tahun 2021 FTC telah mengeluarkan laporan dan menguraikan secara terinci seberapa banyak ISP mengetahui tentang apa yang Anda lakukan ketika online. Lebih parah lagi, ISP juga dapat menjual data anonim tentang pelanggannya. Jika Anda tidak suka bahwa perusahaan yang sudah Anda bayar mengambil untung dari data Anda atau jika khawatir tentang ISP yang menimbun informasi terperinci tentang aktivitas Anda, maka solusinya ada menggukan VPN. Kalau sudah menggunakan VPN, secara otomatis ISP tidak mampu lagi melacak segala kegiatan ketika online.

VPN juga mempersulit pengiklan dan orang lain untuk melacak Anda secara online. Biasanya, data dikirim dari internet ke perangkat Anda menggunakan alamat IP-nya. Saat VPN aktif, alamat IP Anda yang sebenarnya disembunyikan, dan siapa pun yang melihat Anda hanya dapat melihat alamat IP server VPN. Dengan menyembunyikan alamat IP asli Anda, VPN secara otomatis menolak segala perangkat lunak pengintai yang berusaha melacak Anda secara online.

Meskipun demikian, VPN tidak membuat Anda sepenuhnya anonim saat online. Pengiklan misalnya, memiliki banyak cara untuk mengidentifikasi dan melacak Anda saat Anda bergerak berselancar di dunia maya. Pelacak dan cookie di situs web mencoba mengidentifikasi Anda secara unik, semua kegiatan Anda akan dicatat oleh

Mungkin Browser Tor adalah suatu jawaban yang paling tepat untuk Anda tempuh. Karena Tor terbilang lebih tangguh daripada VPN, dan Tor juga membantu Anda memasuki sebuah website secara tersembunyi. Cara kerja server Tor tidak seperti VPN, karena Tor memiliki bebera node server sekarela dan itulah sebabnya Torlebih sulit untuk dilacak. Tor dikelola oleh organisasi nirlaba dan didistribusikan secara gratis. Beberapa layanan VPN bahkan akan terhubung ke Tor melalui VPN, membuat sistem misterius ini lebih mudah diakses. Namun, biaya untuk koneksi internet Anda tinggi, karena menggunakan Tor akan menurunkan koneksi Anda lebih dari VPN. Tor juga tidak sempurna, dan memiliki banyak kelemahannya sendiri.

Situs dan pengiklan juga dapat mengidentifikasi Anda dengan mencatat beberapa karakteristik unik, seperti versi browser, ukuran layar, dan sebagainya. Dengan sendirinya, informasi ini tidak berbahaya, tetapi ketika perusahaan mengumpulkan cukup banyak pengidentifikasi ini dan akan membentuk tanda tangan yang unik sedemikian rupa sehingga prosesnya disebut sidik jari browser.

Apakah VPN Melindungi Anda Dari Ancaman Malware?

Beberapa VPN mengatakan bahwa mereka menyertakan beberapa perlindungan terhadap file berbahaya. Terkadang ini merupakan perlindungan dasar terhadap situs dan file berbahaya yang diketahui saja. Beberapa layanan VPN juga menyertakan alat antivirus khusus, dan beberapa perusahaan antivirus kini menawarkan VPN.

Untuk masalah Malware, lebih baik kita pisahkan dari pembahasan ini. Karena dari awalnya VPN dirancang husus untuk privasi dalam berselancar secara online. Untuk masalah Malware, sudah ada bagian perangkat lunak yang berperan sebagai pengawasnya, yaitu perangkat lunak anti virus. 

 





Posting Komentar untuk "Apakah Kita Butuh VPN Di Setiap Kegiatan Online"

Recent Posts